Saturday, December 15, 2012

Pengertian Bisnis Online Pay Per Click ( PPC )

Sesuai namanya, Pay Per Click atau PPC adalah sebuah program periklanan yang membayar komisi kepada anggotanya berdasarkan  jumlah klik terhadap iklan yang dipasang di blog anggota tersebut. Nilai kliknya bervariasi , ada yang tetap , ( misalnya Rp 150/klik ), dan ada juga yang berdasarkan perhitungan tertentu. Contoh untuk kasus kedua adalah Google Adsnse , dimana komisi per kliknya berbeda - beda , tergantung pada nilai bid kata kunci yang terkandung dalam sebuah iklan dan seberapa sering iklan tersebut tampil sebelum akhirnya diklik pengunjung.

kunci dari bisnis PPC adalah trafik blog. Karena komisi hanya diberikan jika iklan diklik. Maka sebuah blog harus punya trafik tinggi agar peluang iklannuya diklik semakin besar. Rumusnyasederhana saja. Semakin banyak pengunjun, semakin besarlah peluang iklan yang dipasang diklik pengunjung. begitu juga sebaliknya.

Trafik terbaik untuk blog yang mengandalkan penghasilan dari iklan PPC adalah trafik organik dari search engine . Kenapa ? sebab, harus diakui, pengunjung yang berasal dari mesin pencari umumnya adalah pengguna internet awam yang terkadang tidak bisa membedakan mana iklan dan mana link biasa. Begitu selesai membaca sebuah tulisan di halaman blog anda, seorang pengunjung biasanya akan mencari - cari sekiranya ada informasi tambahan yang ditawarkan di halaman itu . Kalau anda menempatkan iklan PPC ditempat yang mudah terlihat, besar kemungkinan pengunjung tersebut mengkliknya karena menganggap itu link menuju ke halaman lain atau blog lain yang memberikkan informasi lain seputar tema yang anda bahas .

hal sebaliknya akan anda dapatkan kalau hanya mengharapkan trafik dari blogger lain. Blogger tersebut tentunya tahu mana iklan dan mana link non komersial. Karena ia tahu anda bakal mendapatkan kamisi kalau iklannyua diklik, maka ia pun tidak akan mengklik iklan anda . kecuali anda berlaku nakal dengan membuat kesepakatan untuk saling mengklik iklan jika melakukan kunjungan.

Digg Google Bookmarks reddit Mixx StumbleUpon Technorati Yahoo! Buzz DesignFloat Delicious BlinkList Furl

0 comments: on "Pengertian Bisnis Online Pay Per Click ( PPC )"

Post a Comment