Monday, July 8, 2013

Review Nexian Mi820 8 mini
















Desain Nexian Mi820 8 mini
Ini bukan pertama kalinya bagi S Nexian meluncurkan gadget berupa tablet, tapi ini yang pertama bagi S Nexian meluncurkan tablet Android dengan sentuhan unik. Dibilang unik sebab tampilan tablet ini memang beda dari seri sebelumnya, spirit desainnya mengusung tampilan iPad yang minimalis dengan balutan warna putih. Tablet ini diberi label seri Mi820 8mini, punya dimensi 199,5 x 151 x 9,5 mm dan berat 432 gram. Dilihat dari ketebalannya, tablet ini terbilang tipis dikelasnya, lumayan ergonomis dengan 9,5 mm.

Sesuai dengan identitas serinya, tablet ini punya ukuran layar 8 inchi. Tidak dijelaskan berapa kedalaman warna pada layarnya, tapi yang jelas layar menggunakan teknologi TFT capacitive multi touch. Layarnya mempunyai resolusi 1024x768 pixels dengan 5 halaman pada homescreen untuk kustomisasi widget-widget favorit.

Menelusuri sisi desain tablet, bila dilihat dari sudut portrait, tepat diatas layar terlihat lensa kamera sekunder dan sensor cahaya. Pada sisi kiri body terdapat tombol on/off yang juga berperan sebagai pengunci layar, disebelahnya tersemat tombol pengatur volume. Sedangkan pada sisi kanan body terdapat port microUSB, port DC 5volt, audio jack 3,5 mm, port HDMI, dan mikrofon. Beranjak ke sisi belakang (back cover), nampak dua lubang speaker, lensa kamera utama, dan port kecil untuk keperluan reset. Pada sisi belakang ini juga nampak identitas logo Indosat Super WiFi, sebagai penyedia paket layanan bundling.

Catatan
Material back cover terbuat dari bahan plastik dengan cat warna perak. Tersedia slot MicroSD dengan kemampuan hotswap. Untuk proses charging hanya bisa dilakukan lewat jalur DC, tidak bisa menggunakan MicroUSB.

Fitur Nexian Mi820 8 mini
Selain menarik dari sisi tampilan, S Nexian 8mini juga diunggulkan berkat adopsi OS Android 4.1 1 Jelly Bean. Setidaknya untuk kelas tablet Android merek lokal,  8mini menjadi yang petama di Indonesia dengan Jelly Bean. Yang perlu diketahui, 8mini adalah tablet murni, artinya tidak ada koneksi lewat jaringan selular dengan SIM card, jalur koneksinya lebih mengandalkan WiFi. Standar WiFi mengusung versi b/g/n dengan kemampuan mobile hotspot. Untuk menyisasatinya S Nexian menggandeng Indosat yang menawarkan fitur Indosat Super WiFi. 

Tablet ini menyajikan dual kamera, untuk kamera utama menurut spesifikasi adalah 2 Mpix dan kamera sekunder VGA. Tapi uniknya dalam uji coba, kamera utama justru menampilkan resolusi 3 Mpix (2048x1536 pixels). Menu pendukung pada kamera terbilang standar, yakni night mode, digital zoom, white balancing, panorama, contrast, brightness dan foto editor. Rekam video juga dapat dilakukan dengan durasi perekaman dinamis. Rekam video juga memiliki menu yang serupa dengan kamera. Khusus untuk memutar video (video player) dapat membaca hingga resolusi 2160p.

Untuk hiburan, dengan tersedianya audio jack 3,5 mm pemutar musik telah dilengkapi dengan menu loop, shuffle, dan playlist. Memang terkesan sangat standar, sebab tidak ditampilkan menu equalizer. 

Serunya lagi tablet ini sudah punya kemampuan USB on the go, artinya sistem tablet dapat membaca file dari flash disk atau hard disk eksternal. Buat Anda yang ingin memutar file video dengan ukuran kapasitas besar atau ingin membuka dokumen pastinya akan sangat terbantu. 

Catatan
Sayangnya S Nexian 8mini dalam paket jualnya belum dilengkapi aplikasi office. Tapi Anda dapat menguduhnya di Google play. Tablet ini juga tidak dilengkapi FM radio. 

Kinerja Nexian Mi820 8 mini
Keunggulan lain dari tablet ini terletak pada kemapuan prosesornya, dengan harga bandrol Rp1,5 juta Anda sudah memperoleh tablet dual core 1.5Ghz ARM Cortex A9. Lepas dari itu, urusan memori internal juga mumpuni dengan 8GB dengan RAM 1GB, dipandang cukup sepadan untuk menjalankan beberapa apikasi multimedia. Bila memori masih kurang, tersedia slot MicroSD hingga kapasitas 32GB, masih kurang lagi bisa manfaatkan USB on the go. Dari hasil pengujian memang tablet ini kinerjanya memuaskan, seandainya vendor membekali dengan koneksi SIM card pastinya lebih oke lagi. 

Tidak dijelaskan tipe baterai yang digunakan, tapi pihak vendor menyebut kekuatan baterainya berkapasitas 4.000 mAh, dipandang ideal dan dapat memenuhi aktivitas multimedia dalam jangka waktu seharian, tentu dimulai ketika baterai dalam kondisi full charged. Dalam pemasaran perdananya, tablet ini hanya dijual memalui jalur online di situs lazada.co.id



Digg Google Bookmarks reddit Mixx StumbleUpon Technorati Yahoo! Buzz DesignFloat Delicious BlinkList Furl

0 comments: on "Review Nexian Mi820 8 mini"

Post a Comment