Friday, May 3, 2013

Cara Mengatasi " CMOS checksum error - Defaults Loaded " Pada BIOS

Motherboard merupakan tempat untuk meletakkan komponen - komponen hardware yang nantinya akan membangun sebuah komputer. Kerusakan pada komponen yang satu ini biasanya sangat jarang terjadi jika kita membeli motherboard yang baru. namun, seiring waktu yang berjalan tentunya komponen ini juga mengalami kerusakan yang bisa diakibatkan oleh kesalahan dari pengguna atau dari komponen hardware itu sendiri, Beberapa kerusakan seputar motherboard yang sering dijumpai seperti berikut.

Pesan error CMOS


















Jika anda mendapati pesan seperti ini " CMOS error " pada saat akan menghidupkan komputer, jangan panik karena permasalahan ini biasanya diakibatkan baterai CMOS atau BIOS pada komputer anda sudah rusak atau settingan BIOS berubah . Permasalahan seperti ini bisa anda tangani sendiri dengan cara berikut.

  1. Buka casing komputer ( CPU ) .
  2. Cari letak baterai CMOS dan keluarkan baterai tersebut. Cara mengeluarkan baterai ini adalah dengan mencongkel sisi yang telah disediakan pada tempat baterai CMOS.
  3. Masukkan baterai CMOS yang baru.
  4. Setelah baterai CMOS yang baru telah anda pasangkan pada tempatnya, hidupkan komputer dan masuklah ke BIOS. Untuk masuk ke BIOS ada beberapa cara yang berbeda tergantung dari jenis motherboard yang anda pakai. Biasanya cukup dengan menekan tombol DELETE, F1, atau F2 pada keyboard saat komputer dinyalakan. 
  5. Settinglah bios anda dengan mengatur tanggal dan waktu pada BIOS , kemudian tekan F10 untuk menyimpan settingan yang telah anda buat. Bisa juga dengan memilih menu Sace Change and exit pada halaman utama BIOS.


Digg Google Bookmarks reddit Mixx StumbleUpon Technorati Yahoo! Buzz DesignFloat Delicious BlinkList Furl

0 comments: on "Cara Mengatasi " CMOS checksum error - Defaults Loaded " Pada BIOS"

Post a Comment