Friday, May 3, 2013

Tombol Power Komputer Sudah Ditekan, Komputer Tetap Tidak Mau Hidup












Permasalahan ini terjadi ketika anda menekan tombol power untuk mengaktifkan atau menghidupkan PC, tetapi PC tidak menunjukkan tanda - tanda kehidupan. Jika hal ini terjadi pada PC anda, ada beberapa kemungkinan yang harus diperiksa satu persatu secara bertahap dengan langkah - langkah berikut.
  1. Periksa semua jaringan listrik. Apakah kabel power supply sudah terpasang dengan baik ?
  2. Jika anda menggunakan UPS ( uniterruptable Power Supply ) dan stabilisator AVR ( Automated Voltage Regulator ), pastikan semua dalam posisi ON dan dapat berfungsi dengan baik.
  3. Jika hal tersebut bukan penyebabnya, kemungkinan berikutnya adalah pada PC anda. Sekarang lakukan pemeriksaan pada PC
























 Pengecekan komponen PC
  1. pastikan kabel power yang terpasang ke soket power pada mainboard terpasang dengan baik. Coba anda tekan - tekan konektor power yang terpasang ke soket power supply. 
  2. jika tidak mau hidup juga, pastikan semua kabel yang terhubung ke tombol power pada casing telah erpasang dengan benar pada konektor pinnya di motherboard.














  1. pastikan power supply memang dalam keadaan hidup, dengan melakukan pengetesan pada CPU lain.
  2. Jika ternyata power supply dalam keadaan baik ( melalui pengetessan ) dan semua kabel sudah benar , berarti yang perlu diperiksa adalah motherboard dan processor. Coba pasangkan prosesor anda pada CPU yang lain yang sejenis dengan CPU anda. Perhatikan, apakah CPU dapat dihidupkan ? jika CPU tersebut dapat hidup, berarti kerusakan hanya pada mainboard. Namun, jika memang tidak dapat hidup , berarti prosesor mengalami kerusakan.
  3. Biasanya hal tersebut diakibatkan oleh kerusakan pada komponen pada mainboard, yang bersangkutan dengan catu daya. Untuk permasalahan ini sebaiknya serahkan teknisi yang sudah ahli.

Digg Google Bookmarks reddit Mixx StumbleUpon Technorati Yahoo! Buzz DesignFloat Delicious BlinkList Furl

0 comments: on "Tombol Power Komputer Sudah Ditekan, Komputer Tetap Tidak Mau Hidup"

Post a Comment