Friday, May 3, 2013

Fan dan Hard Disk Komputer Terdengar Putarannya, Tetapi Layar monitor Tetap Gelap


















setidaknya permasalahan pada komputer yang satu ini sedikit lebih baik daripada masalah PC mati. Untuk masalah ini, sebaiknya mengandalkan tanda yang di berikan POST BIOS. Berikut cara mendeteksi kerusakan melalui bunyi.
  1. pastikan speaker casing terpasang dengan baik, sehingga Anda dapat mendengarkan POST berupa kombinasi bunyi beep yang pasti tersedia pada kebanyakan motherboard. 
  2. lebih mudah lagi jika motherboard disertai display BIOS POST code berupa dua seven segment LED, yang akan menampilkan kode hexadesimal. Sekiranya Anda tidak tahu arti dari kode tersebut ( baik suara ataupun cahaya) atau bahkan kehilangan buku manual, sekali lagi tidak perlu panik. Anda dapat coba membuka situs bios central di http://www,bioscentral.com dari internet atau anda dapat mempelajari tabel berikut .

 1   1 kali beep      Kegagalan refresh DRAM . Sistem mempunyai masalah mengakses memori untuk merefreshnya.
2 2 kali beep Kegagalan rangkaian parity. hal ini kemungkinan disebabkan adanya masalah pada memori atau motherboard.
3 3 kali beep kegagalan base memory 64k. kegagalan ini bisa disebabkan slot memori yang dikelompokkan dalam modul yang memiliki chip rusak
4 4 kali beep kegagalan sistem timer. kemungkinan terdapat kesalahan pada satu atau lebih timer yang digunakan untuk mengkontrol fungsi - fungsi pada motherboard

Solusi untuk kode beep diatas adalah  :
  • Perbaiki posisi memori RAM pada slot memori.
  • Pindah slot RAM pada slot yang kosong.
  • Ganti dengan RAM baru

5   5 kali beep      Kegagalan prosesor. Dapat disebabkan panas berlebih, atau karena prosesor tidak terpasang benar ke dalam soketnya. solusi :
-Perbaiki posisi prosesor pada motherboard
-perbaiki kedudukan pendingin prosesor
6 6 kali beep kegagalan keyboard controller/gate A20. keyboard controller adalah chip pada motherboard yang mengendalikan keyboard anda solusi :
-perbaiki posisi port
-Ganti chipset yang mengatur fungsi keyboard          
7 7 kali beep kerusakan pada prosesor. Kemungkinan terdapat kerusakan fisik pada prosesor solusi :
-cek fisik dari prosesor
-perbaiki posisi pemasangan prosesor  -Ganti dengan prosesor baru   

8 8 kali beep Kesalahan baca/tulis memori display solusi :
-Perbaiki posisi VGA card
-ganti dengan VGA card yang baru
9 9 kali beep Kerusakan chip BIOS Ganti chip BIOS dengan yang baru
10 10  kali beep Kesalahan Program BIOS solusi :
-Upgrade program BIOS
-Ganti CHip BIOS dengan yang baru
11 11  kali beep Kerusakan Chace memori solusi :
-Kerusakan pada cache memori hanya dapat diperbaiki dengan cara mengganti chip cache memori dengan yang baru

Berikut prosedur langkah untuk mengatasi layar monitor yang gelap.
  1. Lepas semua kabel yang terhubung pada CPU
  2. Buka casing CPU.
  3. Lepas RAM 9 memory ) yang terpasang pada slot DIMM. Jika anda menggunakan 2 keping RAM, coba bersihkan konektor RAM dengan karet penghapus, bisa saja hal ini disebabkan oleh kotoran yang ada pada konektor RAM. setelah itu pasang salah satu RAM saja dan hidupkan komputer.
  4. jika langkah 3 bisa mengatasi masalah, lanjutkan dengan memasang keping RAM yang satu lagi, jika dengan memasang RAM yang kedua komputer kembali mendapatkan masalah, berarti salah satu RAM anda mengalami kerusakan . Lepas kembali RAM tersebut dan pasang satu keping RAM saja.
  5. jika dengan langkah 3 dan 4 masalah tidak teratasi, lakukanlah langkah selanjutnya. Periksa VGA eksternal jika anda menggunakannya, lepas VGA eksternal dan bersihkan konektor VGA seperti pada saat membersihkan RAM. Pasang kembali VGA eksternal dengan benar, setelah itu hidupkan komputer.
  6. Jika langkah 5 sudah dilakukan dan masalah belum teratasi, coba lepas semua hardware eksternal yang terpasang , seperti modem , soundcard eksternal, ethernet card eksternal dan komponen lainnya jika ada. Sisakan yang terpasang pada mainboard hanya VGA card eksternal dan RAM saja, kemudian hidupkan komputer. Jika dengan cara ini komputer bisa normal kembali, kerusakan terdapat pada hardware yang anda lepas adi. Untuk mengetahui hardware mana yang rusak , coba pasang kembali hardware yang dilepas tadi satu persatu. Pada saat komputer error lagi ketika memasang salah satu hardware, berarti hardware tersebutlah biang keladinya. Gantisaja dengan hardware yang baru.
  7. langkah 6 juga tidak memberikan hasik, berarti masalah terletak pada prosesor atau bahkan motherboard anda. Namun untuk memastikan kerusakan prosesor atau motherboard, ada baiknya anda mengetes VGA card eksternal dan RAM anda di CPU lain yang memakai VGA card dan RAM yang sejenis dengan milik anda. Jika ternyata RAM dan VGA card anda berjalan normal pada CPU lain, Anda bisa mengetes prosesor pada CPU lain yang sejenis ( sekedar memastikan kerusakan prosesor ). Jika memang prosesor anda error, sebaiknya anda membeli prosesor baru. Namun, jika prosesor anda berjalan normal pada CPU lain , berarti ada kerusakan pada motherboard. anda boleh mendatangi klinik komputer untuk memperbaikinya atau bisa membeli mainboard baru.

Digg Google Bookmarks reddit Mixx StumbleUpon Technorati Yahoo! Buzz DesignFloat Delicious BlinkList Furl

0 comments: on "Fan dan Hard Disk Komputer Terdengar Putarannya, Tetapi Layar monitor Tetap Gelap "

Post a Comment