Saturday, May 18, 2013

Tips Ngeblog Yang Efektif

















1. Membaca Blog
Cara paling primitif bagi seorang blogger dalam membaca blog orang lain adalah mengetikkan url blog yang dituju, membaca satu persatu postingngan yang ada disana, kemudian, kalau berkenan, meninggalkan komentar disana.
tidak ada yang salah dengan cara itu. Akan tetapi, pertanyaannya adalah, berapa blog yang sanggup anda kunjungi dengan cara seperti itu dalam satu jamnya? apakah topik yang dibahas relevan dengan minat anda? apa anda yakin kalau di blog yang anda kunjungi akan ada postingan baru?
untuk menghindari kehilangan waktu yang banyak untuk proses loading , topik yang tidak relevan dengan minat, atau ternyata belum ada postingan baru di blog - blog favorit anda, cara - cara berikut ini telah sebagian orang buktikan bisa sangat membantu :
  • kunjungi BOTD terlebih dahulu. Begitu login, kunjungi  saja halaman top post-nya BOTD, di situ sekitar 100 posting terbaru yang paling hot ditampilkan, silahkan memilih yang paling menarik minat anda.
  • gunakan fasilitas friend surfer. wersi Indonesiany sekarang dinamai peselancar blog. fasilitas ini bisa diakses dari menu utama anda . pertama daftarkan dulu beberapa ratus blog WP.com favorit anda ke dalamnya, set waktu tulisan yang ingin ditampilkan, dan semua posting terbaru dan blo - blog favorit anda, bisa anda baca sekaligus, terurut dari yang paling anyar. fasilitas ini sangat bagus buat pengarsipan, dan sebagian orang biasanya seminggu dua kali menyempatkan diri save as halaman ini untuk dibaca di rumah secara off line: karena semua postingan akan tertampil penuh lengkap dengan gambarnya.
  • gunakan RSS reader. menurut sebagian orang menilai bahwa ini salah satu cara yang paling efisien dalam ngeblog. RSS reader secara otomatis menyedot isi blog yang kita daftarkan ke aplikasi pengumpul sehingga kita bisa membaca hingga 100 ribu blog tanpa berkeringat . Ada 2 jenis RSS reader, yang online via web, seperti google reader dan bloglines, dan yang offline via aplikasi khusus. yang offline ini sendiri ada yang berupa fasilitas di web browser, sepertifasilitas live bookmark di firefox, atau di e mail reader seperti thunderbird. ada pula yang berupa aplikasi yang khusus dirancang sebaai pembaca RSS, miisalnya Greatnews, snafter dan RSSOwl.
Sejauh ini sebagian orang masih setia menggunakan greathnews, dan memang sebagian sangat memudahkan, terutama karena aplikasi ini punya versi yang tidak perlu diinstal ( download saja ZIP-nya ), kita tinggal unzip ke flash disk, masukkan feed feed dari blog favorit kita, klik update all, dan voita, semua posting terbaru, plus komennya kalau anda mau , otomatis tersedot ke flash disk kita, semuanya akan tersimpan, dan bisa dibuka kembali kala offline, kecuali gambarnya, tidak akan tersimpan.

2. Menulis blog
cara paling enak dalam menulis tentunya menggunakan editor WYSIWYANG. tapi sebagian orang justru kuran gprefer menggunakan cara ini, kurang  ada tantangannya aja. karena itu sebagian orang lebih suka menggunakan editor basic dengan kode yang terbuka. Sekalian latihan menulis kode dengan rapih.
Buat yang limit bandwitch, atau yang kesulitan login ke wordpress , atau yang ingin fasilitas editor teks yang lebih powerfull dari WYSIWYAG, bisa mencoba scribefire. Toll yang dulunya bernama performincing ini bisa kita manfaatkan untuk posting tanpa login ke WP, Postingan akan otomatis terkirim sesuai keinginan kita.

3. Organisasi blogroll
Blogroll merupakan salah satu sarana navigasi dan sosial yang cukup efektif dalam ngeblog, dengan blogroll kita tidak perlu capek - capek mengetik ulang blog - blog yang kita kunjungi. ada baiknya juga anda membuat satu halaman khusus di kolom pages untuk menyimpan blogroll anda.

4. Berkomentar
Pertama, berkomentarlah dengan santun, dan kalu bisa memberikan komentar yang berbobot. Hindari kopy paste konten secara berlebihan ke berbagai blog , terutama blog anda .
kedua jangan berkomentar sembarangan , karena dikhawatirkan ada yang meremark komentar anda sebagai spam.

ketiga, fasilitas my comments juga bisa anda gunakan untuk menelusuri kembali respon terhadap posting - posting yang sudah pernah anda komentari, tentunya anda tidak boleh lupa untuk login dulu kalau mau komen anda deteksi di fasilitas ini.

Digg Google Bookmarks reddit Mixx StumbleUpon Technorati Yahoo! Buzz DesignFloat Delicious BlinkList Furl

0 comments: on "Tips Ngeblog Yang Efektif"

Post a Comment